Matched Content

Friday, August 30, 2024

Cegah Kucing Berak Di Pot Bunga

 


Kawat ram plastik atau matras atau kawat jaring plastik anti kucing. Diletakkan di atas tanah di dalam pot tanaman. Untuk mencegah kucing buang kotoran (buang air besar, BAB) di tanah tersebut.


Pada foto di atas terlihat pot besar dengan beberapa tanaman. Terletak di dekat lantai paving block. Sehingga mudah dijangkau kucing. Tanah yang gembur di sekitar tanaman, mudah dikorek kucing. Sehingga ideal bagi kucing untuk buang kotoran di pot tersebut.

Matras terbuat dari plastik sehingga awet tidak berkarat. Matras ini matras biasa. Bukan matras berpaku yang biasa digunakan agar tidak diinjak kucing atau anjing. 


Jarak anyaman matras sekitar 1-2 centimeter.

Bagian tengah pot bisa dikosongkan tanpa matras. Karena kucing terhalang oleh tanaman. Tapi jika tanaman kurang rapat, maka harus ditutup matras.

Untuk sambungan antar matras, bisa dilakukan dengan mengkaitkan anyaman matras yang satu dengan anyaman matras yang lain.



Di atas matras bisa diletakkan batu koral. Pada foto terlihat banyak batu koral putih. Sebagai hiasan dan sebagai pemberat agar matras terkunci. Tapi jika terlalu banyak batu, tanah bisa kurang subur.

Jangan menebar batu koral kecil atau kerikil. Selain karena bisa lolos di lubang anyaman matras. Juga karena bisa dikais atau digeser dengan mudah oleh kucing. Sehingga kucing menganggap kerikil sama dengan pasir, lalu buang hajat.

Pada pot tersebut terlihat tanaman airis (neomarica longifolia, trimezia martinicensis), dan lavender (lavandula) yang beraroma manis dan dapat mengusir nyamuk.

Jika masih ada kucing yang berak di atas matras. Maka tancapkan paku 12 centimeter beberapa buah di sekitar tempat kucing berak. Kepala paku ditancapkan ke tanah, sehingga ujung lancip paku mengarah ke atas. 


Jangan memasang paku pada kayu atau landasan keras lainnya. Karena ujung paku yang lancip mengarah ke atas. Bisa berbahaya jika ada yang menginjak paku tersebut. Terutama pada pot yang rendah dan bisa diinjak kaki orang, seperti pada foto.

Tapi jika paku ditancapkan ke tanah yang gembur atau lunak, tanpa landasan yang keras. Maka paku akan tenggelam atau lebih masuk ke tanah jika terinjak orang. Tidak menancap pada kaki penginjak. Walau ujung lancipnya mengarah ke atas. 

Jika perlu tumpulkan ujung lancip paku. Ganti paku jika sudah berkarat. Paku yang dicat dengan warna mencolok, yang kontras dengan warna sekitarnya, bisa lebih aman, dan terlindung dari karat.







No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site